Home > LASALLE: BA (Hons) Music (Classical) – Bukan Klasik Biasa!

News

LASALLE: BA (Hons) Music (Classical) – Bukan Klasik Biasa!

October 4, 2017

Jika kita bermain permainan asosiasi kata, apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata ‘Musik Klasik’? Biasanya responnya akan mengacu kepada musik yang ‘serius’ dan ‘berwibawa’ seperti opera, concerto, sonata, fuga, dan lainnya.

Dengan spesialisasi musik klasik yang inovatif, School of Contemporary Music di LASALLE mendefinisikan kembali persepsi orang-orang akan ‘Klasik’ dengan penuh aksi – dan bahkan riff pop. Dosen Musik Klasik LASALLE, Frank Demeglio akan menjelaskan lebih lanjut.

 


Frank DeMeglio – Dosen, School of Contemporary Music, LASALLE

Musik Klasik bersama Frank Demeglio

Di LASALLE, Musik Klasik merupakan spesialisasi yang ditawarkan baik itu di level Diploma (D3) maupun Bachelor (S1). Walaupun begitu, para siswa tetap mendapatkan pengetahuan luas mengenai jenis musik lainnya karena LASALLE membanggakan dirinya dalam melatih musisi serba bisa dan percaya diri yang dapat tampil dalam situasi musikal apapun. Artinya, jenis musik Jazz, Pop, Electronic, Folk and Rock juga akan dimasukkan ke dalam modul pembelajaran siswa. Melalui cara pandang yang luas ini, para siswa menjadi lebih siap untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam proyek ketika mereka memasuki spesialisasi mereka.

Misalnya, siswa Diploma in Music yang memilih untuk belajar Teori Klasik akan belajar berbagai macam cara untuk menganalisa dan memahami lembar musik (score) Klasik Barat. Hal ini akan memperlengkapi mereka dengan keterampilan untuk menciptakan kembali contoh musik tonal milik mereka sendiri dan untuk menganalisa berbagai macam contoh dari repertoar performa mereka sendiri.

Para siswa BA (Hons) Music yang mengambil spesialisasi Pertunjukkan Klasik mengembangkan keterampilan improvisasi mereka dengan pertama-tama memahami struktur dasar dan gaya musik Klasik Barat, dan kemudian mencoba untuk menciptakan musik original mereka sendiri secara langsung (on-the-spot).

 


Tampak menakutkan? Sebagaimana cerita Eshan Denipitiya, siswa LASALLE BA (Hons) Music tahun tahun terakhir yang mengambil spesialisasi Pertunjukan Klasik di wawancara ini – semua ini merupakan bagian dari proses pembelajaran di LASALLE, dan para siswa akan meraup banyak manfaat dari keluasan dan kedalaman eksposur ini.

Bagaimana spesialisasi ini membantumu dalam bermain piano?

Jurusan Musik dengan spesialisasi Pertunjukkan Klasik di LASALLE merupakan musik yang sangat berbeda dari musik-musik konservatif lainnya – pertama, dalam segi besarnya cakupan keterampilan yang diajarkan kepada kami, dan juga mengenai bagaimana kurikulumnya mendorong kami untuk bereksplorasi.

Secara pribadi, perpaduan musik adalah sesuatu yang selalu membuat saya terpesona. Hal tersebut memungkinkan kami untuk menciptakan, contohnya saja, lagu pop untuk dimainkan dengan gaya Bach atau Mozart! Perpaduan ini memberi kita cara yang berbeda untuk terlibat dengan penonton kita karena ‘klasik’ sekarang jadi tampak lebih berkaitan, lebih kontemporer.

Jadi, sebagaimana saya memperbaiki teknik, interpretasi, dan pemahaman keseluruhan saya terhadap Musik Klasik, saya juga memperluas cakupan seni saya karena saya memadukan berbagai jenis musik yang berbeda secara bersama-sama.

 

 

Bagaimana kelas improvisasi di LASALLE membantumu sebagai seorang musisi?

Melalui kelas-kelas seperti itulah saya jadi dapat memahami musik dengan lebih baik, seperti bagaimana sebuah lagu seharusnya ditafsirkan sesuai dengan cara yang diinginkan oleh pencipta lagunya (composer). Dengan mengetahui keterbatasan yang ada itulah, pintu menuju kemungkinan yang tak terhingga bisa dibuka. Hal tersebut telah membantu saya dalam menciptakan lagu saya sendiri, di mana saya dapat menciptakan nada yang berbeda-beda dalam berbagai batasan yang ada.

Improvisasi membantu saya mengeluarkan kemampuan piano saya yang sesungguhnya. Saat Musik Klasik mengajari saya hampir semua hal yang piano dapat ciptakan, keahlian improvisasi membantu saya membangun jembatan antara berbagai jenis musik yang berbeda – seperti bagaimana lagu-lagu rakyat Sri lanka yang saya sangat cintai diresapi dengan tingkat kesenian yang musik klasik warisi secara alami.

 

Eshan Denipitiya – Siswa BA(Hons) Music Level 3

Apakah Anda merasa yakin sebagai seorang seniman untuk mengejar mimpi Anda dalam membawa musik Sri Lanka ke panggung dunia?

Sebagai seorang musisi, saya merasa belajar di LASALLE adalah batu loncatan yang sempurna untuk saya. Melalui pendekatan holistik terhadap pembelajaran, kami mendapatkan wawasan mengenai berbagai bidang seperti produksi musik, bisnis musik, komposisi musik, permainan ansamble, serta kolaborasi interdisiplin dengan department lain seperti seni tari (dance) atau teater musikal.

Semua ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk membangun kepercayaan diri saya sebagai seorang musisi. Dan karena musik dari Sri Lanka masih belum banyak diketahui orang, saya harap pengalaman dan apa yang sudah saya pelajari dapat membuat orang-orang lebih menyadari keindahan musik Sri Lanka.

 


Yuk Daftar!

Tertarik belajar musik di LASALLE? Spesialisasi apa yang kamu inginkan? Pertunjukan Klasik (Classical Performance) seperti Eshan? Menciptakan lagu dan aransemen (Composition and Arranging)? Jazz? Electronic? Pop? LASALLE punya semuanya dan akan membentukmu menjadi musisi dengan kemampuan menyeluruh yang siap terlibat di dunia kontemporer!

Pendaftaran untuk belajar di LASALLE tahun ajaran 2018-2019 sudah dibuka per 1 Oktober 2017 ini! Tempat terbatas! Yuk mulai daftar sebelum kuota habis! Hubungi EDUWORLD.

 

/(RPR)

Sumber: LASALLE Website

Copyright © . Eduworld. All rights reserved