Home > EASB Bergabung di Aliansi Pendidikan Pariwisata China-ASEAN (CATEA)

News

EASB Bergabung di Aliansi Pendidikan Pariwisata China-ASEAN (CATEA)

August 15, 2017

EASB merasa terhormat karena terpilih untuk bergabung dengan Aliansi Pendidikan Pariwisata China-ASEAN (China-ASEAN Tourism Education Alliance – CATEA) pada tanggal 29 Juli 2017 lalu.

EASB diundang oleh ASEAN China Center dan Guilin Tourism University untuk bergabung sebagai anggota institusi dari CATEA yang baru terbentuk. Pembentukkan CATEA diusung oleh ASEAN China Center dan Guilin Tourism University. CATEA terdiri dari 18 sekolah dan perusahaan pariwisata terkemuka di China dan ASEAN.

Tahun 2017 adalah tahun pariwisata untuk China-ASEAN dan tujuan aliansi ini adalah untuk membangun komunitas pendidikan pariwisata China-ASEAN dan mendukung inisiatif “Belt and Road”.

 

Belt and Road

Inisiatif “Belt and Road” adalah inisiatif pemerintah China untuk menghidupkan kembali perekonomian yang mengandalkan jalan sutra (silk road) pada zaman dahulu kala – sebuah jalan yang menghubungkan negara-negara Asia, Eropa, dan Afrika.

Berawal dari pidato President China Xi Jinping di sebuah universitas di Kazakhstan, pada bulan September 2013, kini inisiatif tersebut mempunyai 2 konsep utama: ‘Silk Road Economic Belt’ (belt) dan ’21st Century Maritime Silk Road’ (the road). ‘Belt’ yang dimaksud adalah serangkaian koridor darat yang menghubungkan China dengan Eropa, melalui Asia Tengah dan Timur Tengah. ‘Road’ yang dimaksud di sini adalah jalur laut yang menghubungkan pantai sebelah selatan China ke Afrika Timur dan Kawasan Laut Tengah / Mediterania.

Inisiatif ini bertujuan untuk menaikkan perdagangan, menstimulasi pertumbuhan ekonomi, memperkuat pertukaran dan pembelajaran antar kebudayaan yang berbeda, dan mempromosikan pembangunan dan perdamaian dunia di negara-negara Asia dan lainnya dengan membangun infrastruktur besar-besaran yang menghubungkan berbagai negara di dunia.

Sektor pariwisata merupakan salah satu poin penting yang menjadi prioritas kerjasama “Belt and Road” dalam membangun ikatan people-to-people. Pembentukkan CATEA akan membantu merealisasikan tujuan inisiatif ini.

 

Peran CATEA

CATEA bertujuan untuk mempromosikan kerjasama di antara sekolah-sekolah pariwisata terkemuka di China dan ASEAN dan membawa standar pendidikan di sektor pariwisata ke tingkat yang lebih tinggi dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi dan sosial di wilayah ini. Sekretariat aliansi ini didirikan di Guilin Tourism University.

Para pendiri menandatangani deklarasi pembentukan aliansi di acara China-ASEAN Education Exchange Week ke-10 yang dibuka di Guiyang, Provinsi Guizhou pada tanggal 28 Juli. Wakil Perdana Menteri China Liu Yandong menghadiri upacara pembukaa dan menyampaikan pidato utamanya kepada lebih dari 2000 tamu yang berasal dari China, Rusia, Swiss, dan negara-negara ASEAN yang menghadiri acara tersebut untuk berbagi pengalaman dalam membangun pembangunan daerah yang berkelanjutan melalui pendidikan.

Dr. Andrew Chua, Kepala Sekolah dan Ketua Eksekutif EASB menghadiri acara ini bersama dengan Bapak Reinaldo Wong, Direktur School of Hospitality & Tourism Management, Ibu Elaine Tan, Direktur Grup Marketing dan Bapak James Zhang, Direktur Rekrutment EASB untuk negara China.

Di  pidato utamanya saat upacara peresmian CATEA, Dr. Andrew Chua mengekspresikan keyakinannya bahwa CATEA akan menghasilkan kesuksesan yang gemilang dalam mendorong pertukaran pelajar dan staf dan memberikan hasil nyata dalam mempromosikan kerjasama antar sekolah-sekolah pariwisata di China dan negara-negara ASEAN.

Dr. Andrew Chua juga menyoroti lebih lanjut bahwa pembentukkan CATEA akan lebih meningkatkan inisatif “Belt and Road” yang dimulai oleh President Xi Jinping, sebagaimana hal ini dapat meningkatkan standar kualitas pendidikan dan menjadi sarana yang lebih baik dalam mempromosikan pembangunan sosial dan ekonomi yang akan membawa kemakmuran yang lebih besar lagi di wilayah ini.

 

/(RPR)

Sumber: EASBthe Guardian, dan The State Council of The People’s Republic of China.

Copyright © . Eduworld. All rights reserved