Home > Efek Positif Melemahnya Ringgit Pada Sektor Pendidikan

News

Efek Positif Melemahnya Ringgit Pada Sektor Pendidikan

August 22, 2015

Menurunnya nilai tukar mata uang Ringgit terhadap dolar Amerika dapat menarik lebih banyak mahasiswa asing datang ke Malaysia untuk belajar.

Article Pic_2

Pada pembukaan acara Higher Education Week 2015 Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Datuk Seri Idris Jusoh mengatakan “Depresiasi ringgit terhadap dolar Amerika tidak harus dilihat semata-mata dari sudut pandang negatif karena juga memiliki aspek positif, dengan menurunnya nilai mata uang Ringgit dapat menjadikan Malaysia menjadi tujuan yang menarik bagi mahasiswa asing untuk melanjutkan studi mereka di sini.

Ketika nilai tukar Ringgit melemah, itu akan membuat biaya studi di Malaysia menjadi lebih murah untuk para mahasiswa asing. Hal yang menyebabkan para mahasiswa asing akan tertarik untuk belajar di Malaysia bukan semata-mata karena biaya studi yang menjadi lebih murah karena efek depresisasi ini, melainkan karena banyak pilihan universitas di Malaysia yang menawarkan program-program yang berkualitas. Pemerintah Malaysia juga memastikan kepada seluruh mahasiswa asing yang akan belajar di Malaysia tidak akan terbebani oleh efek depresiasi ini.”

Banyak keuntungan yang bisa didapat oleh para mahasiswa asing khususnya mahasiswa indonesia yang akan menjadikan Malaysia sebagai negara tujuan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi diantaranya:

  • Jarak yang cukup dekat dengan Indonesia, sehingga tidak memerluakan waktu yang lama dan biaya tiket yang mahal untuk datang ke Malaysia
  • Biaya hidup dan biaya kuliah kuliah di universitas Malaysia yang relatif terjangkau
  • Pilihan universitas bertaraf international yang cukup beragam di Malaysia, dengan menjadikan Malaysia sebagai tujuan studi mahasiswa indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan ijasah dari universitas ternama di negara lain seperti UK, Australia dan Amerika.

Article Pic_1Hal yang sama dikatakan juga oleh Datuk Seri Mohamed Nazri Abdul Aziz,Mentri Pariwisata dan Kebudayaan malaysia “Selain berpengaruh pada aspek pendidikan, penurunan nilai tukar mata uang Ringgit terhdap dolar Amerika juga berdampak baik terhadap aspek pariwisata dan kebudayaan. Melemahnya nilai tukar Ringgit akan mendorong wisatawan mancanegara menjadikan Malaysia sebagai tujuan wisata mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pilihan universitas di Malaysia kalian bisa  medapatkan informasi tersebut dengan mengunjungi website Eduworld atau menghubungi kami di 02142888411 atau 02175921325.

(wgp/cen)

Copyright © . Eduworld. All rights reserved