Home > Pemenang Turing Award Mendirikan Sebuah Institusi di CUHK (SZ)

News

Pemenang Turing Award Mendirikan Sebuah Institusi di CUHK (SZ)

September 10, 2017

Pada tanggal 20 Juni, John E. Hopcroft, pemenang Turing Award tahun 1986, mendirikan Hopcroft Institute for Advanced Information Science di Chinese University of Hong Kong, Shenzhen.

 

“Stanford” di China

Profesor Hopcroft memberitahu para hadirin yang datang di acara pembukaan bahwa institusinya akan melakukan penelitian mengenai sistem terdistribusi super (super distributed system), keamanan dan perlindungan privasi untuk data terdistribusi (security and privacy protection for distributed data), komputasi data intensif (data intensive computing), komputasi persepsi konten dan skenario (content and scenario perceptional computing), dan komputasi cerdas berbasis pembelajaran mendalam (deep learning-based intelligent computing) yang mana semuanya ini merupakan disiplin ilmu yang kompleks dan akan menghasilkan dampak yang sangat besar terhadap pembangunan sosial.

Dengan memikirkan Stanford University, Profesor Hopcroft mengekspresikan keinginannya untuk mengembangkan CUHK (SZ) menjadi “Stanford”-nya China.

 

 

Mendekati Revolusi Intelektual

Profesor Hopcroft percaya bahwa salah satu tujuan dari pendirian institusi ini adalah untuk menyediakan lingkungan penelitian yang unggul di mana para cendekiawan dan ilmuwan dapat melakukan penelitian mengenai kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan ilmu komputer (computer science).

Ini merupakan respon terhadap revolusi intelektual yang akan datang, di mana hanya 25% dari populasi yang dibutuhkan untuk memproduksi semua barang dan jasa essensial, dan yang mana setiap individu dapat pensiun di usia 45.

Lalu bagaimana dengan sisanya yang terdiri dari 75% populasi? Dalam hal ini, mereka dapat dilibatkan dalam seni, musik, travel, atau olahraga. Karena itu, menjadi sangat penting untuk melibatkan komponen kemanusiaan/humaniora ke dalam pendidikan berbasis keterampilan. Pendidikan tidak hanya digunakan untuk mendapatkan pekerjaan tapi juga mendapatkan keterampilan untuk menikmati hidup.

 

 

Siapa sih John E. Hopcroft?

John E. Hopcroft menerima gelar Ph.D di bidang teknik elektro dari Stanford University pada tahun 1964. Beliau adalah anggota National Academy of Sciences, National Academy of Engineering, dan American Academy of Arts and Sciences. Beliau telah menerima berbagai penghargaan, termasuk di dalamnya adalah A. M. Turing Award untuk kontribusi penelitiannya di tahun 1986, IEEE Harry Goode Memorial Award di tahun 2005, Computing Research Association’s Distinguished Service Award di tahun 2007, ACM Karl V. Karlstrom Outstanding Educator Award di tahun 2009, IEEE Von Neumann Medal di tahun 2010, dan Friendship Gold Metal, China di tahun 2016.

 

/(RPR)

Sumber: CUHK (SZ) Website

 

Copyright © . Eduworld. All rights reserved