Home > Lebih Siap Dengan UNNC Pre-Departure Briefing 2017

News

Lebih Siap Dengan UNNC Pre-Departure Briefing 2017

August 30, 2017

Tanggal 26 Agustus 2017, EDUWORLD mengadakan Pre-Departure Briefing untuk siswa-siswi Indonesia yang sudah diterima dan akan belajar di University of Nottingham Ningbo China (UNNC) tahun ajaran 2017-2018 ini.

Pre-Departure Briefing adalah sebuah acara yang bertujuan memberikan arahan singkat mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat belajar ke negara tempat teman-teman menuntut ilmu.

EDUWORLD mengadakan acara ini untuk memastikan bahwa anak-anak yang sudah menjadi mahasiswa baru di UNNC dan para orang tua-nya mengerti apa yang harus dipersiapkan sebelum berangkat sehingga tidak kebingungan dan dapat mengatasi culture shock yang akan dialami.


Apa saja sih yang dibahas di Pre-Departure Briefing UNNC?

Setelah mendaftar, teman-teman mendapatkan tawaran belajar (offer letter) di UNNC dan menerima tawaran tersebut. Lalu apakah teman-teman langsung beli tiket pesawat dan terbang ke China dengan membawa sebuah koper berisi baju dan barang-barang kesukaan pribadi? Apakah begitu datang, teman-teman bisa langsung belajar di UNNC?

Tentu tidak!

Ada hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Di acara Pre-Dept ini, EDUWORLD memberikan daftar apa-apa saja yang harus dilakukan sebelum berangkat, dokumen apa saja yang perlu dibawa, dan apa-apa saja barang yang perlu dibawa untuk kenyamanan tinggal di Ningbo, China.

Selain itu, yuk simak apa-apa saja yang harus diperhatikan.

 

Visa Pelajar China: X1

Tanpa ijin yang sah dari pemerintah China, teman-teman tidak dapat belajar di negara tersebut. Teman-teman perlu mengajukan permohonan visa yang tepat untuk keperluan belajar di negara tersebut.

Terdapat dua jenis visa pelajar untuk mahasiswa internasional, yaitu visa X1 dan X2. Jenis visa yang diperlukan tergantung berapa lama program studi yang diambil, apakah melebihi atau kurang dari 180 hari. Dalam hal ini, para siswa yang akan belajar S1 di UNNC harus mengajukan permohonan visa X1 karena durasi studinya lebih dari 180 hari.

EDUWORLD sebagai agen konsultan pendidikanmu akan membantumu mengurus keperluan visa ini. EDUWORLD akan membantu mempersiapkan dokumen yang diperlukan, membantu isi formulir permohonan visa, mengirimkannya ke visa center dan mengambil hasil permohonan visa ini untukmu. EDUWORLD juga akan menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai pemegang visa X1 dan apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah sampai di China.

 

Datang ke China

Akomodasi sudah punya. Visa sudah approved. Terus mau beli tiket nih… baiknya tanggal berapa ya? nanti setelah tiba, naik apa ya ke kampus?

Di acara Pre-Dept ini EDUWORLD juga memberikan tanggal-tanggal penting yang berlaku di tahun ajaran tersebut seperti tanggal akomodasi mulai bisa ditempati, registrasi ulang, orientasi, efektif belajar, registrasi ulang bila terlambat, ujian, dsb. Dengan mengetahui tanggal-tanggal ini, teman-teman bisa memesan tiket dengan lega karena teman-teman bisa mengira-ngira apakah akan bisa menempati akomodasi bila berangkat di tanggal yang diinginkan atau tidak dan apakah akan tepat waktu atau terlambat untuk registrasi ulang nanti.

UNNC juga menyediakan free airport pickup service. Yes, it’s free. Orang UNNC akan menjemput teman-teman di bandara sehingga teman-teman tidak perlu bingung masalah kendaraan untuk ke kampus untuk di kali pertama datang ke Ningbo, China. Namun teman-teman perlu memperhatikan bahwa servis ini hanya berlaku di tanggal tertentu yang pastinya akan semakin membantu teman-teman menentukan tanggal keberangkatan.

EDUWORLD sebagai agen konsultan pendidikanmu akan menemanimu berangkat ke China untuk memastikan teman-teman sampai dengan selamat.

 

Registrasi Ulang

Loh. Kan sudah diterima sebagai siswa. Kenapa mesti registrasi lagi?

Registrasi ulang diperlukan untuk memproses keanggotaan para siswa baru ke kampus secara resmi dan menyelesaikan prosedur yang sebelumnya belum selesai seperti pembuatan kartu mahasiswa, dsb.

Hal pertama yang dilakukan adalah verifikasi dokumen. Pihak universitas ingin memastikan bahwa dokumen yang telah teman-teman serahkan secara digital melalui agen untuk pendaftaran adalah benar dan valid. UNNC akan melihat secara langsung keberadaan dan keabsahan dokumen tersebut dengan melihat semua dokumen asli yang pernah teman-teman serahkan secara digital.

Setelah proses verifikasi dokumen selesai dan persyaratan yang telah siswa berikan sebelumnya adalah sah, hal berikutnya yang dilakukan adalah melunasi pembayaran uang kuliah, mengurus kartu Bank of China, membuat kartu pelajar, mendapatkan jadwal orientasi, mendapatkan jadwal untuk laporan ke kepolisian setempat untuk mengurus ijin tinggal, dan melakukan medical-check up.

 

Late Registration

Ternyata visa baru bisa didapatkan setelah tanggal registrasi! Waduh. Apakah masih diterima masuk ke UNNC?

Banyak teman-teman mungkin bertanya-tanya mengenai hal ini. Don’t worry. EDUWORLD juga menjelaskan apa yang harus dilakukan bila hal ini terjadi. Di acara ini, EDUWORLD telah menjabarkan pihak UNNC mana yang harus dihubungi bila mengurus kejadian seperti ini atau hal lainnya dan harus datang ke mana untuk menemuinya.

 

Mengenai Kota Ningbo

University of Nottingham Ningbo China terletak di kota Ningbo, Provinsi Zhejiang, China. Belajar di UNNC berarti juga tinggal di kota Ningbo.

Tak kenal maka tak sayang. Karena itu di acara pre-dept ini, EDUWORLD juga memperkenalkan secara singkat, seperti apa kota Ningbo tersebut: apa-apa saja yang bisa dilakukan di Ningbo, makanan apa saja yang biasa tersedia, bagaimana cuaca di sana, transportasi apa yang tersedia, biaya yang biasa dihabiskan siswa per bulannya, tempat-tempat penting yang biasa dikunjungi, dan nomor-nomor darurat yang perlu diingat.

 


PPI Ningbo Berbagi Cerita

Tinggal di kota asing, di negeri asing… lama-lama jadi homesick.

Don’t be depressed. Bahkan di Ningbo pun ada Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang pastinya akan sangat membantumu mengatasi masalah ini. PPI merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan para pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri dan segala aktivitasnya berada di bawah naungan KBRI dan KJRI yang ada di negara tersebut. PPI memiliki banyak cabang dan sub-cabang di seluruh dunia, salah satunya adalah PPI Ningbo.

Siapa lagi orang-orang yang bisa mengerti perasaanmu tinggal di kota Ningbo bila bukan anak Indonesia yang juga belajar di Ningbo?

Oleh karena itu, EDUWORLD mengundang mahasiswa/i Indonesia yang sudah kuliah di University of Nottingham Ningbo China dan juga merupakan anggota aktif PPI Ningbo, yaitu  Jenny, Stephanie, Joshua, Gian, dan James untuk menceritakan pengalaman mereka kuliah di UNNC dan tinggal di Ningbo kepada EDUWORLD dan semua yang hadir.

Jenny selaku ketua PPI Ningbo tahun ini memperkenalkan kegiatan-kegiatan PPI kepada para siswa baru dan orang tua yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan membuat anak-anak baru lebih familiar dengan kota Ningbo dan orang-orang China di sana.

Setelah perkenalan, perwakilan PPI Ningbo ini menceritakan pengalaman mereka dengan seru dan memberikan tips and trick yang dapat mempermudah hidup dan belajar di Ningbo.

Para siswa dan orang tua yang hadir juga banyak bertanya seputar tidak hanya kehidupan perkuliahan tapi juga kehidupan di sana seperti mengenai pindah akomodasi, lokasi beribadah, internet dan aplikasi android, bahasa mandarin, tempat-tempat makan yang enak hingga tempat makan bila uang bulanan menipis, rumah sakit dan klinik, online shopping, dsb.

Karena itu, tidak perlu khawatir untuk belajar ke luar negeri. PPI akan selalu ada dan menjadi keluarga kedua untukmu.

Pengalaman yang dialami dan dibagi oleh mereka benar-benar bermanfaat dan memeriahkan suasana. Sepulang dari acara ini, para siswa baru UNNC semakin siap untuk menghadapi kehidupan baru di China.


Acara Pre-Departure Briefing merupakan acara yang penting dan berguna untuk lebih mempersiapkan teman-teman sebelum berangkat belajar ke luar negeri. Eduworld tidak akan membiarkanmu ketinggalan kesempatan-kesempatan seperti ini.

Tunggu apalagi? Ayo daftar melalui EDUWORLD! Eduworld akan selalu membantu keperluan belajar ke luar negerimu, tahap per tahap, sampai kalian belajar di universitas tujuan, FREE OF CHARGE* 😉

 

/(RPR)

Copyright © . Eduworld. All rights reserved