Home > Jalur Bis Cepat Di Sunway Akan Segera Beroperasi

News

Jalur Bis Cepat Di Sunway Akan Segera Beroperasi

March 23, 2015

Sunway Elevated Bus Rapid TransitJalur bis cepat di atas jalan layang ini merupakan rangkaian pertama Bus Rapid Transit atau BRT di Malaysia dan bahkan juga di Asia Tenggara. Terletak di Bandar Sunway, Subang, jalur ini memiliki panjang 5,4 km dan diharapkan selesai lebih awal dari perencanaan yaitu pada bulan Mei 2015 dan akan segera beroperasi pada bulan berikutnya. Proyek ini diharapkan dapat berguna bagi lebih dari lima ratus ribu masyarakat yang berada di Sunway dan Subang serta memberikan konektifitas ke jalur KTM dan LRT terdekat, demikian dikemukakan oleh Bos kelompok usaha Prasarana Malaysia Berhad Tan Sri Ismail Adam. KTM dan LRT adalah sistim transportasi massal lainnya di Malaysia yang terdiri dari bis penumpang dan kereta api cepat di atas jalan layang.

Pada saat ini sudah lebih dari 90% bagian dari jalur BRT dirampungkan. BRT adalah sistim transportasi yang bersahabat dengan lingkungan karena menggunakan bis berenergi listrik di jalan khusus untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan manajemen waktu. Jalur ini terdiri dari tujuh stasiun dan satu area parkir di stasiun ke lima yang terletak di dekat kampus Monash University Sunway. Jalur ini di mulai dari stasiun Setia Jaya sampai dengan stasiun LRT di USJ7. Proyek senilai RM634 Million atau lebih dari 2,2 Trilliun ini merupakan proyek patungan antara pihak pemerintah dan Sunway Group beserta Prasarana Malaysia.

depotSebanyak lima belas bis listrik akan dioperasikan di jalur ini, bis listrik ini akan berjalan pada kecepatan 30 – 40 km/jam walaupun batas kecepatan maksimalnya adalah 80 km/jam. Semua stasiun keberangkatan memiliki akses yang nyaman bagi semua pelalu lintas termasuk bagi para penyandang cacat.

Biaya yang akan dikenakan masih belum diumumkan pada saat ini sembari menunggu hasil pembahasan dengan “Land Public Transport Commission (SPAD)” di Malaysia.

Jalur BRT ini nantinya akan sanggat berguna bagi para mahasiswa internasional yang tidak memiliki kendaraan pribadi terutama bagi para mahasiswa internasional yang sedang berkuliah di Sunway College, Sunway University, Monash University Sunway Campus, The One Academy dan Taylor’s University.

<val>

Copyright © . Eduworld. All rights reserved